Tingkatkan Produktifitas, Pemkot Denpasar Adakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

  • 05 Oktober 2020
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 440 Pengunjung

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar menyelanggarakan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, Senin (5/10/2020), di Hotel Puri Ayu.  Pelatihan diikuti oleh 40 orang, yang terdiri dari pengelola destinasi/objek daya tarik wisata, pemandu wisata, masyarakat pelaku usaha kepariwisataan (mikro, kecil, dan menengah), wirausaha pemula, dan kelompok strategis lainnya di bidang pariwisata.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Ir. Dezire Mulyani, M.Si mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing destinasi pariwisata daerah dalam rangka meningkatkan cita pariwisata Indonesia. 
“Dengan demikian, diharapkan kesejahteraan masyarakat lokal khususnya masyarakat di destinasi pariwisata semakin meningkat, serta meningkatkan produktifitas dan perluasan kesempatan kerja di bidang pariwisata,” tambahnya.
Dalam pelatihan ini, terdapat enam narasumber dari unsur akademisi, industri dan praktisi pelaku usaha kepariwisataan dan pemerintahan yang memberikan materi berupa diversifikasi produk, pengetahuan kepariwisata, Sapta Pesona, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sikap melayani, serta kompetensi di masing-masing bidangnya. 
“Oleh karena itu, pelatihan hanya diperuntukan bagi peserta yang sudah mempunyai dasar pengetahuan serta keterampilan tentang tata kelola destinasi, dan masyarakat pelaku usaha bidang kepariwisataan, bukan bagi calon peserta yang tidak mempunyai pengalaman sebelumnya,” ungkap Dezire Mulyani.
Untuk selanjutnya, peserta akan difasilitasi tenaga pendamping sebanyak dua orang untuk masing-masing peserta dengan mempertimbangkan rekomendasi dari koordinator pendamping. Tenaga pendamping ini bertugas untuk mendampingi pelaku usaha kepariwisataan dalam mengidentifikasi permasalahan, serta menyusun rencana kerja pelaksanaan pendampingan kepada peserta pasca pelatihan.
Selain itu, tenaga pendamping juga bertugas untuk memberikan bimbingan, konsultasi, advokasi kepada peserta pasca pelatihan sesuai kompetensi yang dimiliki, serta melakukan evaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara berkala untuk menilai atau mengukur sejauh mana pelaksanaan kegiatan telah dilakukan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 5 – 7 Oktober 2020. Pada hari terakhir peserta diajak untuk mengunjungi destinasi pariwisata, Samsara Living Museum di Kabupaten Karangasem.


  • 05 Oktober 2020
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 440 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. M. A. Dezire Mulyani, M.Si

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pariwisata Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?