PETUNJUK TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT TATANAN KEHIDUPAN ERA BARU SEKTOR PARIWISATA

  • 10 Juli 2020
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 874 Pengunjung

                                       

Download bagan

                 Download Petunjuk Teknis Penerbitan Sertifikat

                                                          TAHAPAN/PROSES VERIFIKASI 
                          PROTOKOL TATANAN KEHIDUPAN ERA BARU BIDANG PARIWISATA
    
A.    Permohonan Verifikasi
       1.    Pengusaha/pengelola/pimpinan usaha pariwisata mengajukan Permohonan verifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata secara tertulis kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, disampaikan melalui Asosiasi Pariwisata masing-masing
       2.    Dokumen yang harus dilampirkan:
             a.    Check list hasil asesmen secara mandiri.
             b.    Berita Acara Hasil Verifikasi yang telah ditanda tangani oleh pengusaha / pengelola / pimpinan usaha pariwisata.
             c.    Pakta Integritas yang telah ditanda tangani oleh pengusaha / pengelola / pimpinan usaha pariwisata.
             d.    Izin Usaha atau TDUP.

B.    Verifikasi Administrasi
       1. Verifikasi administrasi dilaksanakan oleh Tim Verifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata di Asosiasi Pariwisata tempat bernaung.
       2. Tim Verifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata akan memeriksa berkas permohonan verifikasi yang diterima meliputi kelengkapan dokumen, perizinan dan keanggotaan Asosiasi Pariwisata.

C.    Verifikasi Langsung
       1. Verifikasi langsung dilaksanakan oleh Tim Verifikasi Protokol Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata.
       2. Setelah dilakukan pemeriksaan berkas sebagaimana dimaksud poin B dan dianggap memenuhi kriteria, maka Tim Protokol Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata akan melakukan verifikasi fisik ke lokasi usaha pariwisata.

D.    Verifikasi Tidak Langsung
       1. Verifikasi tidak langsung dilaksanakan oleh Tim Verifikasi Protokol Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata.
       2. Apabila waktu tidak memungkinkan Tim Verifikasi Protokol Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata melakukan verifikasi fisik ke lokasi usaha, maka verifikasi akan dilakukan secara tidak langsung. Pengusaha / pengelola / pimpinan usaha pariwisata menunjukkan bukti berupa foto dan video yang menggambarkan pemenuhan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata yang dikuatkan dengan Surat Pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa dokumen bukti pemenuhan yang disampaikan tersebut adalah benar dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

E.    Apabila usaha pariwisata dinyatakan memenuhi kriteria maka Tim Verifikasi Protokol  Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata akan menandatangani Berita Acara Hasil Verifikasi.

F.    Sertifikat akan diterbitkan setelah pengusaha / pengelola / pimpinan menandatangani Pakta Integritas.

G.    Penerbitan Sertifikat
Apabila usaha pariwisata telah memenuhi Kriteria Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata, maka Tim Verifikasi Protokol  Tatanan  Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata akan merekomendasikan kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar untuk diterbitkan Sertifikat Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata

                                                         MONITORING & EVALUASI

Untuk mengetahui bahwa usaha pariwisata telah melaksanakan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Tim Verifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata, sebagai berikut :
1.    Monitoring dan evaluasi dilaksanakan terhadap usaha pariwisata yang telah memperoleh sertifikat untuk memastikan pelaksanaan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata.
2.    Apabila dalam monitoring dan evaluasi ternyata usaha pariwisata tidak melaksanakan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata, maka Tim Verifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata akan merekomendasikan untuk pencabutan sertifikat tersebut.
3.    Pencabutan Sertifikat Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar.


  • 10 Juli 2020
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 874 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. M. A. Dezire Mulyani, M.Si

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pariwisata Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?