Profil

Tupoksi



Dinas Pariwisata

Paragraf 1

Kepala Dinas

Pasal  200

 

(1)   Kepala Dinas mempunyai tugas :

a.     menetapkan program kerja Dinas Pariwisata berdasarkan Rencana Strategis Dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pariwisata sesuai dengan program yang telah ditetapkan dan kebijakan pimpinan agar target kerja tercapai sesuai rencana;

c.     membina bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata dengan cara mengadakan rapat dan atau pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan;

d.     mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan, dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas;

e.     mengelola urusan di bidang pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan;

f.      merumuskan kebijakan teknis Bidang Pariwisata berdasarkan kewenangan yang ada sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

g.     menyelenggarakan pelayanan umum dan urusan Kepariwisataan yang meliputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Bidang Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif, Bidang Pemasaran Pariwisatadan Bidang Industri Pariwisatasesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terwujudnya pariwisata budaya yang berkelanjutan berlandaskan Tri Hita Karana;

h.    Merumuskan dan memproses bahan dan produk hukum di bidang pariwisata sesuai kewenangan yang ada sebagai payung hukum dalam pelaksanaan tugas;

i.      Memberikan rekomendasi usaha pariwisata sesuai ketentuan yang berlaku sebagai dasar penerbitan izin;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata dengan cara membandingkan antara program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana kerja yang akan datang;

k.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pariwisata sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas kinerja; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)   Kepala Dinas dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

 

 

Paragraf 2

Sekretariat

Pasal  201

 

(1)   Sekretariat mempunyai tugas :

a.     menyusun rencana operasional di lingkungan Sekretariat berdasarkan rencana program Dinas Pariwisata serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada Kepala Sub Bagian di lingkungan Sekretariat sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dijalankan efektif dan efisien;

c.     memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian di lingkungan Sekretariat  sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d.     menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sekretariat secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

e.     mengoordinasikan penyusunan rencana operasional dan penyelenggaraan tugas – tugas Bidang serta memberikan pelayanan administratif sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan agar target kerja tercapai;

f.      mengoordinasikan, menghimpun dan menyusun Dokumen Perencanaan dan Evaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman penyusunan program dan kegiatan Dinas;

g.     mengevaluasi kegiatan dan kinerja Dinas sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan laporan pertanggung jawaban;

h.    melaksanakan urusan Kepegawaian berdasarkan peraturan yang berlaku untuk terciptanya tertib administrasi kepegawaian;

i.      melaksanakan urusan Umum, Perlengkapan dan Rumah Tangga sesuai peraturan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

j.      melaksanakan urusan Keuangan sesuai peraturan yang berlaku untuk terciptanya tertib administrasi keuangan;

k.     mengevaluasi pelaksanaan tugas Sekretariat dengan cara membandingkan antara rencana operasional dan tugas tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;

l.      membuat laporan pelaksanaan tugas Sekretariat sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas Sekretariat; dan

m.   melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

(2)   Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pariwisata.

 

Pasal  202

 

Sekretariat terdiri dari :

a.        Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporan;

b.       Sub Bagian Keuangan; dan

c.        Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

 

Pasal  203

 

(1)   Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporanmempunyai tugas :

a.     merencanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporanberdasarkan rencana operasional Sekretariat dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporan;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporansesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporansesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyiapkan bahan penyusunandokumen perencanaan danRencana Strategis Dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman penyusunan program dan kegiatan Dinas;

f.       menyusun Laporan Kinerja Dinas sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku sebagai bahan pertanggungjawaban;

g.      menyiapkan data Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Standar Operasional Prosedur (SOP), sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan LPPD Kota Denpasar;

h.     melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) program dan kegiatan sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan yang akan datang;

i.       melaksanakan pengumpulan data, analisis dan penyajian data berdasarkan kebutuhan dan prosedur yang berlaku sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

j.       melaksanakan pengelolaan sub domain sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai sarana pengaduan dan bahan informasi;

k.     mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporandengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

l.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Data dan Pelaporansesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

m.    melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

 

(2)   Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

a.     merencanakan kegiatan Sub Bagian Keuangan berdasarkan rencana operasional Sekretariat dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Keuangan;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.     menyusun rencana Anggaran Belanja Langsung dan Tidak Langsung sesuai ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan belanja pegawai yang akuntabel;

f.      melaksanakan pengelolaan Penatausahaan Keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel;

g.     menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan di lingkungan Dinas Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan penatausahaan keuangan yang akuntabel;

h.    menyusun laporan realisasi fisik dan keuangan program serta kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bahan laporan pertanggungjawaban;

i.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Keuangan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

j.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

k.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3)   Sub Bagian Umum dan Kepegawaianmempunyai tugas :

a.      merencanakan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaianberdasarkan rencana operasional Sekretariat dan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

c.      membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Umum dan Kepegawaiansesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Umum dan Kepegawaiansesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyiapkan data, rencana kebutuhan, dan laporan kepegawaian serta melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dilingkungan  Dinas Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan sistem pengelolaan administrasi dan kepegawaian yang baik serta meningkatkan profesionalisme pegawai;

f.       melaksanakan urusan surat-menyurat dan penggandaan naskah dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terciptanya tertib administrasi;

g.      menyiapkan rencana kebutuhan barang unit serta pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan kantor sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

h.     melaksanakan urusan Administrasi Perjalanan Dinas dan penerimaan kunjungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

i.       mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Umum dan Kepegawaiandengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

j.       menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Umum dan Kepegawaiansesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

k.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(4)   Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

 

 

Paragraf 3

Bidang – Bidang

Pasal 204

 

(1)   Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatamempunyai tugas :

a.     menyusun rencana operasional di lingkungan Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisataberdasarkan rencana program Dinas Pariwisata serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatasesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dijalankan efektif dan efisien;

c.     memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatasesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d.     menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatasecara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

e.      memberikan rekomendasi proses perijinan di Bidang Pengusahaan Kawasan Pariwisata Daya Tarik Wisata dan Atraksi Wisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai dasar penerbitan perijinan;

f.       memantau dan mengevaluasi kegiatan daya tarik pariwisata dan atraksi wisata, bimbingan wisata sesuai dengan kewenangan yang ada untuk menyempurnakan kegiatan yang akan datang;

g.      mengoordinasikan dengan instansi lain/pihak terkait sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka penataan dan pengembangan daya tarik dan atraksi wisata;

h.     membina Pramuwisata dan Kelompok Sadar Wisata pada destinasi pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pengembangan destinasi wisata;

i.       Menyusun dan menyiapkan perumusan penataan teknis dan umum yang berhubungan dengan daya tarik wisata mengacu pada peraturan – perundangan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanakan tugas;

j.       Mengadakan pembinaan terhadap pengusahaan Kawasan Pariwisata, Daya Tarik Wisata, atraksi wisata, dan zona kreatif sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memberikan pemahaman kepada pengusaha dan atau masyarakat;

k.     mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatadengan cara membandingkan antara rencana operasional dan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;

l.      membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatasesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata; dan

m.   melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

 

(2)   Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisatadipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pariwisata melalui Sekretaris.

 

Pasal  205

 

Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisataterdiri dari :

a.        Seksi Daya Tarik Wisata;

b.       Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata; dan

c.        Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisata.

 

Pasal  206

 

(1)      Seksi Daya Tarik Wisatamempunyai tugas :

a.     merencanakan kegiatan Seksi Daya Tarik Wisataberdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisataserta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Daya Tarik Wisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Daya Tarik Wisatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Daya Tarik Wisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data dan menyiapkan rekomendasi dalam rangka pengembangan daya tarik wisata yang lebih optimal sesuai prosedur yang berlaku agar terwujud inventarisasi data atraksi wisata;

f.       mengadakan pengkajian dan evaluasi terhadap sumber-sumber potensi daya tarik dan atraksi wisata untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai prosedur yang berlaku untuk menambah keanekaragaman atraksi wisata;

g.      memantau dan mengevaluasi kegiatan daya tarik wisata dan atraksi wisata sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bahan pembuatan kajian dan penyempurnaan kegiatan;

h.     mengadakan pengawasan daya tarik wisata, kegiatan atraksi wisata dan produk unggulan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya pelanggaran;

i.       melaksanakan intensifikasi daya tarik, atraksi wisata serta zona kreatif melalui koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait agar terciptanya  sinergitas  intensifikasi atraksi wisata;

j.       menyiapkan dan menyusun petunjuk teknis yang berhubungan dengan pemanfaatan dan pengembangan daya tarik serta atraksi wisata sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

k.     mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Daya Tarik Wisata dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

l.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Daya Tarik Wisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

m.   melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)   Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata mempunyai tugas :

a.     merencanakan kegiatan Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisataserta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      mengawasi dan membina manajemen Kawasan Strategis Pariwisata sesuai dengan ketentuan dan kewenangan untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat atau wisatawan;

f.       mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan kawasan strategis pariwisata sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terwujud inventarisasi data kawasan strategis pariwisata;

g.      meningkatkan sarana dan fasilitas pada Kawasan Strategis Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kenyamanan wisatawan;

h.     melaksanakan kerjasama pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan partisipasi masyarakat;

i.       menginventarisasi sarana dan prasarana KawasanStrategisPariwisatasesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai upaya penyelamatan aset;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

k.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3)   Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisatamempunyai tugas :      

a.     merencanakan kegiatan Seksi Pengelolaan Destinasi PariwisataBidang Pengembangan Destinasi Pariwisatadan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      mengawasi dan membina manajemen DestinasiPariwisata dengan cara memberi arahan atau petunjuk sesuai dengan batas kewenangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat atau wisatawan;

f.       mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data dalam rangka pemanfaatan dan pengembangan destinasi pariwisata sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan inventarisasi data destinasi pariwisata;

g.      meningkatkan sarana dan fasilitas pada destinasi pariwisata sesuai dengan peraturan untuk kenyamanan wisatawan;

h.     melakukan pembinaan Manajemen Tata Kelola dan desa wisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pengembangan kepariwisataan;

i.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisatadengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

j.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pengelolaan Destinasi Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

k.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(4)   Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata.

Pasal 207

 

(1)   Bidang Pengembangan Industri Pariwisata mempunyai tugas :

a.     menyusun rencana operasional di lingkungan Bidang Pengembangan Industri Pariwisataberdasarkan rencana program Dinas Pariwisata serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Industri Pariwisatasesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dijalankan efektif dan efisien;

c.     memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Industri Pariwisatasesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d.     menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Pengembangan Industri Pariwisatasecara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

e.    merumuskan pedoman atau petunjuk teknis pembinaan dan pengembangan sarana wisata dan tenaga kerja sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;

f.     merumuskan pedoman dan rekomendasi perizinan di Bidang Industri Pariwisata sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai dasar penerbitan perizinan;

g.    membina industri pariwisata sesuai ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan pelayanan terhadap kunjungan pariwisata;

h.   mengadakan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan usaha jasa dan sarana wisata sesuai dengan prosedur serta ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan penyempurnaan kegiatan yang akan datang;

i.     mengadakan koordinasi serta pembinaan komponen pariwisata sesuai prosedur yang berlaku agar terciptanya sinergitas komponen  Pariwisata;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Industri Pariwisatadengan cara membandingkan antara rencana operasional dan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;

k.     membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Industri Pariwisatasesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas Bidang Ekonomi Kreatif Pariwisata; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)   Bidang Pengembangan Industri Pariwisatadipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pariwisata melalui Sekretaris.

 

 

Pasal  208

 

Bidang Pengembangan Industri Pariwisata terdiri dari :

a.        Seksi Akomodasi Pariwisata;

b.       Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman; dan

c.        Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiata;

 

Pasal  209

 

(1)      Seksi Akomodasi Pariwisata mempunyai tugas:

a.     merencanakan kegiatan Seksi Akomodasi Pariwisataberdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Industri Pariwisatadan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Akomodasi Pariwisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan dilingkungan Seksi Akomodasi Pariwisatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Akomodasi Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyusun kajian pengembangan sarana akomodasi berdasarkan ketentuan yang berlaku  agar sesuai dengan kebutuhan serta daya dukung yang dimiliki;

f.       mengadakan pendataan terhadap usaha akomodasi sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan Direktori Kepariwisataan;

g.      mengadakan pengawasan monitoring dan evaluasi atas usaha akomodasi pariwisata berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kenyamanan wisatawan;

h.     memberikan rekomendasi penetapan Tanda Daftar Usaha Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai dasar penerbitan izin;

i.       mengadakan koordinasi serta pembinaan komponen pariwisata sesuai prosedur yang berlaku agar terciptanya sinergitas komponen  Pariwisata;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Akomodasi Pariwisata dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

k.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Akomodasi Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)      Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman mempunyai tugas :

a.     merencanakan kegiatan Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman Bidang Pengembangan Industri Pariwisata danketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minuman sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyusun kajian pengembangan usaha rumah makan, bar, restoran, dan jasa boga berdasarkan ketentuan yang berlaku agar sesuai dengan kebutuhan serta daya dukung yang dimiliki;

f.       mengadakan pendataan terhadap usaha rumah makan, bar  restoran, dan jasa boga sesuai prosedur yang berlaku sebagai bahan Direktori Kepariwisataan;

g.      mengadakan pengawasan, monitoring dan evaluasi atas usaha Rumah Makan, Bar, Restoran, dan Jasa Boga sesuai ketentuan yang adaagar pengusaha mentaati peraturan;

h.     mengadakan koordinasi serta pembinaan komponen pariwisata pada usaha Rumah Makan, Bar, Restoran, dan Jasa Boga  sesuai prosedur yang berlaku agar terciptanya sinergitas komponen pariwisata;

i.       memberikan rekomendasi penetapan TandaDaftar Usaha Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai dasar penerbitan izin;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minumandengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

k.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Usaha Jasa Makanan dan Minumansesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3)      Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiatamempunyai tugas:

a.     merencanakan kegiatan Seksi Rekreasi dan Usaha PariwiataBidang Pembangunan Industri Pariwisatadan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      mengadakan pembinaan dan menyusun bahan petunjuk teknis usaha rekreasi  dan hiburan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat;

f.       memberikan rekomendasi penetapan Tanda Daftar Usaha Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku sabagai dasar penerbitan izin;

g.      mengadakan koordinasi serta pembinaan komponen pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka terciptanya sinergitas di Bidang Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum;

h.    mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiatadengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

i.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Rekreasi dan Usaha Pariwiatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

j.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(4)      Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata.

 

Pasal  210

 

(1)   Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata mempunyai tugas:

a.     menyusun rencana operasional di lingkungan Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata berdasarkan rencana program Dinas Pariwisata serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dijalankan efektif dan efisien;

c.     memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d.     menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

e.      melaksanakan perencanaan yang akurat sesuai prosedur yang berlaku agar promosi pariwisata agar berjalan efektif;

f.       melaksanakan kegiatan pemasaran wisata sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk meningkatkan kunjungan wisatawan;

g.      mengadakan koordinasi dengan komponen kepariwisataan terkait rencana kegiatan pemasaran pariwisata sesuai prosedur yang berlaku agar kegiatan berjalan tepat sasaran;

h.     mengumpulkan dan menganalisa data pemasaran pariwisata sesuai prosedur yang berlaku untuk menentukan segmen pasar;

i.       mengadakan koordinasi kegiatan konvensi, pamerandan event-event lain sesuai prosedur yang berlaku untuk promosi pariwisata;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisatadengan cara membandingkan antara rencana operasional dan tugas tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;

k.     membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisatasesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas Bidang Pemasaran Pariwisata; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)   Bidang Pemasaran Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pariwisata melaui Sekretaris.

 

Pasal 211

 

Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata terdiri dari :

a.        Seksi Promosi Pariwisata;

b.       Seksi Data dan Informasi Pariwisata; dan

c.        Seksi Analisa Pasar;

 

Pasal  212

 

(1)      Seksi Promosi Pariwisata mempunyai tugas:

a.     merencanakan kegiatan Seksi Promosi Pariwisata berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisataserta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Promosi Pariwisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Promosi Pariwisata sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Promosi Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.    melaksanakan kegiatan promosi pariwisata di dalam maupun di luar negeri sesuai prosedur yang berlaku untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara;

f.     menyiapkan bahan dan materi promosi pariwisata sesuai dengan potensi yang dimiliki untuk memasarkan potensi pariwisata secara efektif;

g.    menyiapkan media digitalsesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk melakukan komunikasi dan koordinasi promosi pariwisata;

h.    mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Promosi Pariwisata dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

i.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Promosi Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

j.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)      Seksi Data dan Informasi Pariwisata mempunyai tugas: 

a.     merencanakan kegiatan Seksi Data dan Informasi Pariwisata berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata serta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Data dan Informasi Pariwisata;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Data dan Informasi Pariwisata sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Data dan Informasi Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      mengumpulkan, merekapitulasi serta menganalisa bahan informasi dan data-data kepariwisataan sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk dapat di pergunakan sebagai informasi dan data kepariwisataan yang akurat;

f.       membuat analisa pasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat menjadi pedoman dalam melakukan proyeksi dan perencanaan;

g.      membuat target dan proyeksi kunjungan wisatawan sesuai data dan analisa pasar sebagai bahan peningkatan kinerja;

h.     melaksanakan pelayanan informasi di Tourist Information Centre sesuai dengan prosedur pelayanan agar dapat memberikan pelayanan informasi kepariwisataan;

i.       melakukan kerja sama dan koordinasi dengan komponen lain untuk peningkatan kunjungan wisatawan Mancanegara dan Nusantara sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku untuk dapat memperluas jaringan kepariwisataan;

j.      mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Data dan Informasi Pariwisatadengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

k.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Data dan Informasi Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3)      Seksi Analisa Pasar mempunyai tugas :       

a.     merencanakan kegiatan Seksi Analisa Pasar berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata serta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Analisa Pasar;

c.     membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Analisa Pasar sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Analisa Pasar sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyiapan bahan pelaksanaan analisis permintaan dan penawaran pasarpotensial sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk memperluas pasar wisata;;

f.       menyiapkan bahan pelaksanaan analisis pemasaran produk barusesuai dengan potensi daerah untuk kepentingan pengembangan pariwisata;

g.      menyiapkanNota Kesepahaman dengan berbagai daerah dan stakeholder pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk membuka Pasar Pariwisata;

h.    mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Analisa Pasar dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

i.      menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Analisa Pasar sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

j.      melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(4)      Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

 

Pasal  213

 

(1)   Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempunyai tugas:

a.      menyusun rencana operasional di lingkungan Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berdasarkan rencana program Dinas Pariwisata serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat dijalankan efektif dan efisien;

c.      memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala Seksi di lingkungan Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d.     menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

e.      melaksanakan usaha-usaha penelitian dan pengembangan dalam Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan daya saing;

f.       melaksanakan pelatihan pada Sumber Daya Manusia Profesional di Bidang Pariwisata sesuai dengan prosedur yang berlaku agar terjadi peningkatan kunjungan wisatawan dan terwujud pariwisata berkelanjutan;

g.      mengoordinasikan dengan komponen kepariwisataan terkait rencana kegiatan standarisasi Sumber Daya Manusia pariwisata sesuai prosedur yang berlaku untuk meningkatkan pelayanan;

h.     mengumpulkan dan menganalisa data ketenagakerjaan pariwisata sesuai prosedur yang berlaku agar diperoleh data ketenagakerjaan pariwisata yang valid;

i.       mengevaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif dengan cara membandingkan antara rencana operasional dan tugas tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;

j.       membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai akuntabilitas Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata; dan

k.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)   Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisatadan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pariwisata melaui Sekretaris.

 

Pasal 214

 

Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terdiri dari:

a.        Seksi Pembinaan Pariwisata;

b.       Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisata; dan

c.        Seksi Penelitian dan Pengembangan Pariwisata;

 

Pasal  215

 

(1)      Seksi Pembinaan Pariwisatamempunyai tugas:

a.    merencanakan kegiatan Seksi Pembinaan Pariwisata berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatifdanketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.   mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pembinaan Pariwisata;

c.    membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pembinaan Pariwisata sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.   memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pembinaan Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.    menyiapkan bahan pembinaan  kepariwisataan, menyelenggarakan program Pelatihan ekonomi kreatif, serta pemilihan duta wisata dalam Bidang Kepariwisataan sesuai prosedur yang berlaku untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pariwisata;

f.     melakukan pengawasan standarisasi sumber daya manusia pada usaha pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan profesionalisme;

g.    menyiapkan bahan Nota Kesepahaman dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk pelatihan dan sertifikasi profesi kepariwisataan;

h.   mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pembinaan Pariwisata dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

i.     menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pembinaan Pariwisata sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

j.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(2)      Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisatamempunyai tugas:    

a.      merencanakan kegiatan Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisataberdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatifdanketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisata;

c.      membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisatasesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

d.     memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

e.      menyiapkan sarana dan prasarana untuk pengembangan zona ekonomi kreatif sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan produktifitas masyarakat;

f.       melakukan pembinaan dan pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Pariwisata;

g.      melaksanakan pelatihan manajemen usaha profesional pada usaha pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia;

h.     menyiapkan bahan Nota Kesepahaman dengan Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pelatihan dan sertifikasi usaha kepariwisataan;

i.       mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkunganSeksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisatadengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang;

j.       menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Seksi Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Usaha Pariwisatasesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban dan rencana yang akan datang; dan

k.     melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

 

(3)      Seksi Penelitian dan Pengembangan Pariwisata mempunyai tugas : 

a.      merencanakan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Pariwisata berdasarkan rencana operasional Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b.     mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Seksi Penelitian dan Pengembangan Pariwisata;

c.      membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Penelitian dan Pengembangan Pariwisata sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar


Facebook
Twitter