SERTIFIKASI CHSE, BAGAIMANA TAHAPAN PELAKSANAANNYA?

  • 08 Juli 2021
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 762 Pengunjung

Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainabilty) merupakan pemberian sertifikat kepada usaha, destinasi dan produk pariwisata sebagai jaminan kepada wisatawan bahwa usaha tersebut telah menerapkan standar protokol kesehatan yaitu pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Pemilik usaha pariwisata/pengguna/asesi harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan wajib untuk mengajukan penilaian dan deklarasi mandiri CHSE. Selanjutnya pemilik usaha melakukan pendaftaran secara daring pada laman chse.kemenparekraf.go.id untuk mendapatkan akun yang diperlukan pada proses berikutnya.

Pengguna dapat mempelajari indikator penilaian maupun pedoman panduan pelaksanaan CHSE sesuai dengan jenis usaha / kegiatan wisata yang didaftarkan terlebih dahulu. Selanjutnya mengunduh angket / form penilaian mandiri dan mengisi angket tersebut sesuai dengan indikator penilaian yang ada. Setelah tahapan diatas pengguna selanjutnya mengunggah Surat Pernyataan Deklarasi Mandiri dan hasil penilaian mandiri melalui sistem yang kemudian diteruskan kepada tim auditor yang ditunjuk oleh lembaga sertifikasi.

Pada proses verifikasi, tim auditor melakukan peninjauan dan validasi terkait kesesuaian penilaian mandiri yang dikirimkan pengguna, kemudian menginformasikan hasil audit tersebut. Langkah selanjutnya tim auditor akan melakukan verifikasi secara daring dan visitasi ke lokasi usaha. Setelah usaha dinyatakan lulus sertifikasi maka lembaga sertifikasi akan memberikan sertifikat CHSE melalui pemberian label “I DO CARE” kepada usaha pariwisata yang telah memenuhi kriteria dan indikator yang dipersyaratkan sebelumnya dan dinyatakan aman dan siap untuk dikunjungi.

Wisatawan juga dapat memanfaatkan laman chse.kemenparekraf.go.id untuk mencari dan menemukan usaha pariwisata yang telah tersertifikasi CHSE disekitarnya, sehingga wisatawan dapat menikmati liburan tanpa rasa takut, dan gelisah karena fasilitas yg dikunjungi telah tersertifikasi CHSE.

Dan kabar gembiranya lagi sertifikasi ini tidak dipungut biaya alias gratis.


  • 08 Juli 2021
  • Oleh: Dinas Pariwisata Kota Denpasar
  • Dibaca: 762 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Ir. M. A. Dezire Mulyani, M.Si

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pariwisata Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?